Jumat, 28 Mei 2010

HALILINTAR DAN PETIR

Awan gelap datang dan hujan turun. Ada cahaya zig zag yang menyambar di angkasa, itulah yang disebut dengan halilintar. Lalu tidak lama kemudian ada suara gemuruh, itu yang disebut dengan petir. Mengapa halilintar dan petir bisa terjadi?
Petir disebabkan oleh listrik. Setiap tetes air hujan yang jatuh mengandung aliran listrik. Pada saat hujan seluruh awan yang berkumpul mempunyai muatan listrik yang kuat. Pada bagian bawah awan terdapat muatan lisrik negatif, sedangkan muatan listrik positifnya ada di tanah, pepohonan, manusia dan gedung-gedung. Listri negatif selalu mencari muatan listrik positif. Maka dari itu sering kita mendengar ada banyak pohon-pohon, gedung bahkan manusia yang tersambar petir. Karena petir itu mempunyai muatan listrik yang besar, maka benda yang tersambar akan hangus bahkan hancur.
Petir terjadi sangat cepat, kira-kira terjadi dalam waktu setengah detik. Pada saat petir menyambar, udara disekitar sambaran menjadi sangat panas, panas itu dapat mencapai berlipat-lipat kali ganda. Karena panas, uadara disekitar manjadi memuai dan bergerak sehingga membentuk suara yang biasa kita dengarsebagai petir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar