Jumat, 07 Januari 2011

Cara agar anak giat membaca

Suka membaca merupakan jalan menuju puncak berprestasi. Pada umumnya anak-anak zaman sekarang malas membaca dan lebih suka main. Dibawah ini cara-cara agar anak senang membaca :
1. mengajak anak ke toko buku atau perpustakaan yang menyediakan bacaan anak adalah pilihan yang tepat meskipun sekedar liat-liat saja.
2. Menyediakan anak macam-macam buku baru yang diminati oleh anak. Jangan memberi anak bacaan yang bersifat berat karena anak akan menjadi bosen.
3. Memberikan pengarahan pada saat anak membaca. Jika anak sedang membaca dan mengalami kesulitan untuk memehami bacaan yang sedang dibaca, maka Anda sebagai orang tua lah yang harus menjelaskan sehingga anajk tersebut mengerti bacaan yang sedang dibaca.
4. Jangan membiarkan anak membaca sendiri. Temani lah anak jika Dia sedang membaca, sehingga bila ada kesulitan Anda langsung dapat memberikan penjelasan. Dan berilah waktu 25-30 menit agar anak tersebut tidak bosan.
5. Jangan memarahi anak ketika anak lagi sedang tidak mau membaca karena anak akan merasa tertakan dan tidak akan mau lagi membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar