Kamis, 16 Juni 2011

Tujuan Akuntansi Internasional

Tujuan Akuntansi Internasional
Konsep dari akuntansi universal atau dunia adalah yang paling luas ruang lingkupnya.  Konsep ini mengarahkan akuntansi internasioanal menuju formulasi dan studi atas satu  kumpulan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara universal. Tujuannya adalah untuk  mendapatkan satu standardisasi lengkap atas prinsip-prinsip akuntansi secara internasional
Di dalam kerangka kerja konsep ini, akuntansi internasional dianggap sebagai sebuah  sistem universal yang dapat diterapkan di semua negara. Sebuah seperangkat prinsip-prinsip  akuntansi yang berlaku  umum (generally accepted  accounting principles-GAAP) yang  diterima di seluruh dunia, seperti yang berlaku di Amerika Serikat, akan dibentuk. Praktik  dan prinsip-prinsip yang dikembangkan akan dapat diberlakukan di seluruh negara. Konsep  ini akan menjadi sasaran tertinggi dari suatu sistem internasional.  Konsep  dari  akuntansi  komparatif  atau  akuntansi  internasional  mengarahkan  akuntansi internasional kepada studi dan pemahaman atas perbedaan-perbedaan nasional di  dalam skuntansi. Hal ini meliputi :
1.Kesadaran akan adanya keragaman internasional di dalam akuntansi perusahaan dan  praktik-praktik pelaporan.
2.Pemahaman akan prinsip-prinsip dan praktik-praktik akuntansi dari masing-masing  negara.
3.Kemampuan untuk menilai dampak dari beragamnya praktik-praktik akuntansi pada  pelaporan keuangan.
Munculnya paradigma baru di dalam akuntansi internasional memperluas kerangka kerja dan  pemikiran untuk memasukkan ide-ide baru dari akuntansi internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar