Kamis, 25 November 2010

tugas 2

1.Jelaskan apa yang di maksud dengan Kredibilitas, Profesionalisme, Kualitas Jasa dan Kepercayaan?

Kredibilitas : nilai kerja suatu perusahaan atau seseorang yang mampu menunjukkan suatu kinerja atau kualitas yang sangat baik bagi perusahaan sehingga mendatangkan kebaikan bagi perusahaan tersebut.

Profesionalisme ialah sifat kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu yang sewajarnya dilakukan oleh seseorang yang ahli.

Kualitas jasa adalah upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaian untuk mengimbangi harapan konsumen serta memperhatikan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.

kepercayaan adalah suatu keyakinan seseorang kepada pihak lain yang pernyataannya dapat diandalkan untuk memenuhi kewajibannya.

2.Berikan beberapa contoh penerapan moral dalam dunia bisnis?

Contoh dari penerapan moral dalam dunia bisnis adalah sebagai berikut :
- Pengusaha Indonesia dalam memperoleh bahan baku sering tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya , maka bagi perusahaan tersebut diharapkan lebih memperhatikan lingkungan sekitar.
- Banyak orang yang mengambil terumbu karang dengan ilegal dan menghalalkan segala cara dengan cara mengebom ataupun merusak sehingga merusak lingkungan laut.

3.Dalam menciptakan etika bisnis ada beberapa yang perlu diperhatikan. Berikan contoh minimal 3?

1.Pengembangan Tanggung jawab sosial (social responsibility)
Contohnya : bila ingin membuka usaha bengkel, sebelum mebukanya kita harus meminta izin kepada masyarakat sekitar. Karena dalam usaha tersebut akan mengakibatkan polusi. Tidak hanya polusi udara akibat bau bensin, oli dan lain-lain tetapi ada polusi suara juga yang dapat mengganggu ketenangan.

2.Menciptakan persaingan yang sehat
Contohnya : bila ada 2 usaha yang sama dan tempat usaha tersebut berdekatan. Dalam menjalankan usaha tersebut kedua pemilik usaha tersebut harus sadar akan persaingan. Jangan saling menjatuhkan tatapi harus saling melengkapi seperti bila ada konsumen ingin membeli barang A di tempat X tetapi barang tersebut tidak ada maka pemilik tempat X memberikan pendapat ke tempat Y yang mungkin barang tersebut ada.

3.Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
Contohnya : usaha nasi goreng yang terdapat di pinggir jalan dan hanya menggunakan tenda jangan puas dengan keuntungan yang di dapat saat ini, tetapi usaha tersebut harus berkembang dengan menyewa tempat yang lebih baik bahkan dapat membeli tempat sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar